Rabu, 17 Desember 2014

9 Block Business Model of Coca Cola

Hai semua! :)) Anyeonggg!! *bow*
Theresia is on the line yowww :p
yay akhirnya balik lagi ngurus blog kesayangan yang belakangan ini sering terabaikan, maaf ya readers tercintah *peluk readers erat-erat* 

so guys kali ini aku mau bagi bagi coca cola, eh salah ding maksudnya mau berbagi 9 blok model bisnis perusahaan minuman yang udah ramah di telinga kita semua ini. pasti banyak readers yang penasaran kan apa sih 9 blok rahasia dari pondasi coca cola yang membuat perusahaan minuman ini sukses hehehe... apa lagi buat readers yang hobi minum coca cola hihihi...
yaudah lah ya dari pada ngedenger aku berkicau terus langsung aja aku bahas chekidot...



1. Customers Segment

Customers Segment adalah pasar yang dituju atau target pasar dari perusahaan. 
nah Coca cola sendiri menyajikan minuman yang cukup user friendly karena dapat diminum dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa, tapi dengan kuantitas yang gak berlebihan ya guys karena segala hal yang berlebih gak baik hehehe... oh iya dikhususin lagi buat yang hobinya minum softdrink, orang yang hobi mengkonsumsi softdrink inilah yang menjadi sasaran "empuk" si perusahaan coca cola hehehe... juga seperti yang kita ketahui coca cola itu minuman soda so itu gak disarankan untuk diminum oleh mereka yang pencernaan nya kurang sehat yaa.

2.Value Proposition
Value Proposition adalah suatu nilai yang diciptakan oleh perusahaan untuk kemudian diberikan kepada konsumen.
nilai yang diberikan oleh perusahaan coca cola itu cukup beragam yaitu dari kemasannya yang terus mengalami perkembangan atau di upgrade menyesuaikan musim, terutama musim sport coca cola hadir seri sepak bola misalnya. juga coca cola gak hanya mengandalkan minuman soda hitam melainkan iya menawarkan jenis minuman soda lain yang disesuaikan dengan selera konsumen seperti Fanta dan juga Sprite.

3. Channels
Channels adalah saluran distribusi suatu perusahaan ke pasar dalama rangka memberikan kebutuhan dan nilai bagi konsumen.
bagi Perusahaan Coca cola saluran distribusinya adalah agen-agen dan pengecer seperti super market, mini market dan warung-warung. selain itu coca cola juga turut berpartisipasi dalam event-event tertentu seperti acara musik dan olah raga, dan coca cola juga menyediakan vending machine yang tersebar di pusat perbelanjaan, perkantoran serta airport.

4. Customer Relationship
Customer Relationship adalah bagaimana cara suatu perusahaan membangun serta menjaga hubungan yang baik dan menguntungkan dengan pelanggannya.
dalam rangka membangun dan menjaga hubungan yang harmonis dengan pelanggannya coca cola tidak tanggung-tanggung. perusahaan ini ikut men sponsori berbagai event baik olahraga ataupun musik. selain itu coca cola juga memberikan keuntungan bagi konsumen tetapnya yang juga menguntungkan bagi coca cola itu sendiri seperti memberikan gelas dengan logo coca cola bekerja sama dengan restoran fastfood mcdonalds. 

5. Revenue Stream
Revenue Stream adalah proses masuknya pendapatan dari pasar ke perusahaan.
pendapatan yang diperoleh perusahan coca cola berasal dari hasil penjualan varian produk-produk yang di produksi oleh perusahaan minuman tersebut.

6. Key Resources 
Key Resources adalah aset-aset penting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berjalan dengan baik disuatu perusahaan.
Sumber daya Coca Cola Company adalah SDM yang mempunyai kreatifitas dan Inovasi serta berdedikasi tinggi terhadap perusahaan dalam menciptakan sebuah produk yang berkualitas, serta bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat produk di pilih yang berkualitas , serta penggunaan teknologi yang modern.

7. Key Activities
Key Activities adalah aktivitas yang di lakukan oleh perusahaan, agar organisasi di dalam perusahaan dapat berfungsi dengan baik sehingga model bisnis dapat bekerja dengan sempurna.
Coca cola terus mengadakan pengembangan dan inovasi dalam meningkatkan kesuksesan perusahaan. coca cola terus mengembangkan kemasan dari produk-produknya. dari kaleng, botol beling kecil maupun besar sampai botol pelastik dengan beragam ukuran. coca cola juga berinovasi dari minuman soda iya memproduksi minuman lain seperti teh kemasan botol dan air mineral kemasan botol.

8. Key Partnership
Key Partnership adalah cara perusahaan dalam membangun hubungan yang baik, saling menguntungkan dan terikat satu sama lain dengan perusahaan yang menjadi mitra bisnisnya.
coca cola membangun kerja sama yang baik dengan agen -agen nya di mini market, super market dan toko-toko. coca cola juga bekerja sama dengan berbagai hotel, restoran, juga cafe.

9. Cost Structure
Cost Structure adalah biaya - biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam menjalankan model bisnisnya.
biaya-biaya yang dikeluarkan coca cola adalah biaya produksi, yang meliputi pembelian dan perwatan mesin pengemasan. biaya transportasi yang digunakan dalam penyaluran produk ke pasar. biaya promosi berupa iklan di media tv, juga banner-banner yang di pasang di jalan ataupun warung-warung.

nah itu dia tuh udah ku kupas tuntas semua 9 blok model bisnis dari coca cola. 

nah untuk menutup postingan ku kali ini aku bakal kasih liat clasic version of jingel coca cola ya guys. enjoy! :)

bye, see you!! Theresia off, chu :*







Tidak ada komentar:

Posting Komentar